Langsung ke konten utama

Jumlah Seserahan Ganjil atau Genap?


isi-makna-seserahan-pernikahan

Makna Seserahan - Kegiatan seserahan dimaknai bagaikan seremoni penyerahan kotak bingkisan dari calon pengantin laki- laki pada calon pengantin perempuan yang lekas melakukan perkawinan. Walaupun penyebutan pada tiap wilayah berbeda- beda, hendak namun seserahan enggak luput mengiringi kegiatan saat sebelum hari perkawinan nyaris di tiap wilayah. Apalagi buat isi seserahan juga nyaris mirip di tiap wilayah yang umumnya berbentuk seperangkat baju, baju dalam, peralatan mandi sampai santapan khas wilayah yang saat ini dikemas menawan dalam kotak seserahan.

Menimpa jumlah kotak seserahan pula dimengerti berbeda di tiap- tiap wilayah. Asumsi menimpa jumlah ganjil ataupun genap erat kaitannya dengan kerutinan adat yang telah dicoba turun- temurun. Kita bagaikan generasi penerus hendaknya mematuhi ketentuan adat yang berlaku bagaikan wujud melestarikan adat- istiadat.

Dibanding dengan masa kemudian dimana membeli keperluan isi seserahan seluruhnya ditanggung keluarga pihak laki- laki, di masa saat ini supaya seserahan setimpal serta mampu terpakai. Calon pengantin perempuan hendak diajak buat memilah seorang diri berbarengan calon bunda mertua ataupun terdapat pula yang mengikutsertakan calon pengantin laki- laki. Sehabis beberapa barang seserahan sudah dibeli, hingga berikutnya hendak dikasih pada vendor seserahan yang bertugas mendekorasi kotak seserahan supaya tampak menarik. Saat ini kotak seserahan mampu disamakan dengan konsep yang di idamkan, entah berkonsep adat tertentu ataupun menjajaki konsep tematik perkawinan, misalnya rustic.

Inka yang sudah mengawali bisnis Riefinka Seserahan sebagian tahun kemudian berbarengan suaminya, banyak menceritakan tentang pengalamannya tercantum gimana membagi beberapa barang yang dibeli kliennya supaya terkemas apik dalam jumlah tertentu. Enggak pilih- pilih klien, Inka sempat menanggulangi seserahan buat bermacam adat tercantum buat kegiatan sangjit seserahan dalam adat Tionghoa. Sampai- sampai telah paham berapa jumlah seserahan yang wajib dikemas buat tiap adat.

Etnis yang jumlah seserahannya ganjil

Jawa

Pada warga Jawa pemberian bingkisan dari calon pengantin laki- laki dibedakan atas peningset serta seserahan yang dikasih pada waktu yang berbeda pula. Dalam rentetan prosesi adat Jawa yang lengkap, penerapan penyerahan peningset sering kali dicoba bertepatan dengan kegiatan midodareni. Inti dari kegiatan peningset merupakan penyerahan beberapa duit serta benda buat memadu si wanita, sekalian indikator si wanita sudah dipinang. Berbeda dengan peningset, beberapa barang hantaran pada seserahan mempunyai jumlah yang lebih sedikit, walaupun dilihat dari tipe barangnya banyak mempunyai kesamaan dengan peningset. Dengan alibi kepraktisan, peningset serta seserahan sering digabungkan, sampai menyebabkan simpang siur dengan menyamaartikan keduanya.

Benda- benda seserahan yang dibawa umumnya berbentuk pisang sanggan; baju lengkap, peralatan mandi serta kosmetik; beberapa duit; jadah serta wajik; buah- buahan; serta yang lain. Jumlah kotak seserahan pula menemukan atensi supaya berjumlah ganjil, mulai dari 3, 7, 9, 11, 13 serta seterusnya. Konon, warga yakin bilangan ganjil melambangkan keelokan.

Sunda

Enggak jauh berbeda dengan adat Jawa, sepanjang kegiatan seserahan dalam adat Sunda pula umumnya membagikan beberapa benda berbentuk baju, baju dalam, sampai santapan khas wilayah. Paling utama wajik yang dibuat dari ketan yang lengket bagaikan lambang supaya kedua calon pengantin tetap lengket tidak terpisahkan.

Etnis yang jumlah seserahannya genap

Tionghoa

Kebalikannya, untuk generasi Tionghoa amat menjauhi seserahan dengan jumlah ganjil. Seserahan ataupun istilahnya sangjit jadi kegiatan lanjutan sehabis lamaran oleh keluarga calon pengantin laki- laki ke rumah calon pengantin perempuan. Bingkisan seserahan dianjurkan berjumlah genap dengan optimal 12 kotak seserahan. Isi dalam kotak seserahan juga enggak jauh berbeda secara universal. Ada baju ataupun kain, 18 berbagai buah- buahan, sejoli parafin merah yang diikat dengan pita merah, sejoli kaki babi( mampu ditukar dengan santapan kaleng), 18 potong kue mangkok bercorak merah, 2 botol arak ataupun champagne dan duit angpao.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hotel HAU Citumang Pangandaran

Apa berita hari ini? Kayaknya Citumang Pangandaran mau menyapa Kamu kembali dengan alam yang bagus serta sungainya yang bening. aku pula merindukan dari dalam batin. Kira aja aku lebay ataupun apapun itu, tetapi bukan sedikit pula kerinduan ini ditutupi oleh keragu - raguan. Dari sinilah narasi hal penginapan HAU Citumang Pangandaran diawali.  Rencananya pergi dari Jakarta kita langsung menaiki sepur api mengarah Kota Alur, Jawa Barat. Aku serta Panji sudah memesan karcis yang serupa. Jam 09. 00 cocok sepur kita pergi. Sepatutnya kita berempat, namun 2 orang dari Bogor belum memberitahukan berita apapun. Tiba- tiba dari bangku sisi kita timbul semacam Khairul. Serta, kelihatannya betul ia terdapat satu gerbong dengan kita. Sayangnya Teh Ita bukan bisa berasosiasi dengan kita. Karena kerabat Teh Ita yang tewas bumi.  Penjelajahan ke kota Alur ditempuh dekat 8- 9 jam dengan sepur ekonomi Serayu bidang Purwokerto. Saya luang membeli nasi 4 balut bersama gorengan, kebalikanny

Suplemen Pemutih Badan Terbaik

Biar mencapai kulit yang putih bugar, alot, lembut serta kulit harapan, Yang butuh Kalian jalani ialah pemeliharaan dari dalam serta luar. Buat melaksanakan pemeliharaan dari dalam, komplemen bleaching kulit dapat dijadikan opsi buat pemeliharaan dari luar produk yang terbaik pastinya jadi saran. Semacam isi kolagen serta materi- materi dari alam yang sering jadi estimasi dalam memilah produk pemeliharaan kulit serta komplemen bleaching kulit.  Biar kita bukan salah dalam memilah komplemen bleaching kulit, terdapat sebagian saran yang terdapat bagusnya butuh iperhatikan dalam memilah produk bleaching kulit. Saat ini kita hendak perkenalkan sebagian saran produk Bleaching Kulit serta Komplemen Bleaching Kulit terbaik yang pastinya dapat disantap bagaikan komplemen setiap hari. Bahan- bahan yang kita seleksi bersumber pada pikirkan dari bidang: mutu, dampak, serta pastinya harga. Jadi anjuran aku, memilih produk yang terbaik buat Kalian!  1. PERLASKIN GOLD ALL SHINE. 439g ra